BerryDroid Search

Sabtu, 09 Juli 2011


Acer Iconia Tab A500



Tidak bisa dipungkiri, Honeycomb memang mengubah segalanya tentang Android. Dikhususkan untuk tablet, OS paling anyar dari Google ini memberikan pengalaman baru saat menggunakan tablet. Hadir di meja redaksi @jeruknipiscom Acer Iconia Tab A500. Tablet cantik dengan seabreg fitur. Ingin tahu lebih jauh ? simak review kami berikut ini.

First Look
Dibungkus dengan box berwarna putih, Acer Iconia Tab A500 tampak begitu elegan dan mewah. Di dalam box ini Anda akan menemukan satu unit Acer Iconita Tab A500, kabel mikro USB, charger, kain micro-fiber, buku manual, dan brosur safety.

Desain
Hmm, bulky itu yang kami rasa pertama kali begitu menggenggam A500. Dibandingkan tablet yang hadir saat ini, jelas A500 memiliki ukuran yang lebih besar dan agak berat. Anda bisa nyaman menggunakannya dengan dua tangan. Secara keseluruhan desainnya memang memantik siapa saja melihatnya untuk pertama kali.Polesan aluminum yang dominan, membuat tampilan luarnya kian cantik. Pun demikian, bezelnya yang lebar buat kami sedikit mengganggu, meski di lain sisi, hal ini membuat A500 tampak tangguh dan kokoh.

Layar
Dibekali layar sentuh jenis kapasitif, A500 memiliki resolusi layar 1280 x 800 pixel dengan diagonal 10.1 inci. Layarnya menggunakan teknologi WXGA dengan keluaran warna 262k. Dilihat dari beragam angle, layar sanggup menampilkan kualitas warna yang tidak turun. Di bawah sorot matahari sekalipun, Anda masih bisa menggunakan A500 dengan nyaman.

Port
Di sisi sebelah kiri Anda akan menemukan port micro HDMI, port audio 3.5mm untuk headset, dan tombol untuk power. Sementara di sisi kanan, Anda akan menemukan soket untuk charging, port microUSB, tombol reset maual, dan port USB – satu port yang paling kami sukai. Anda bisa menghubungkan USB, atau malah hard drive eksternal, secara tidak langsung Anda memiliki tempat menyimpan data tambahan. Port USB ini juga bisa Anda maksimalkan sebagai tempat charging perangkat gadget Anda yang lain.

Pada panel bagian tas terdapat tombol yang bisa digunakan untuk mengunci layar – horizontal atau vertikal, semua terserah Anda. Disampingnya terdapat tombol yang bisa digunakan untuk mengatur volume suara. Tertutup plastik dengan warna senada, Anda akan menemukan slot microSD dan slot untuk SIM card. Pada panel bagian bawah hanya terdapat satu port saja, yaitu docking port.

Kamera
A500 memiliki dua kamera. Yang pertama letaknya di bagian depan dengan resolusi 2 megapixel, bisa Anda gunakan untuk video chat atau malah mengambil foto diri dengan mudah. Sementara kamera yang ke dua terletak di bagian depan, resolusinya 5 megapixel dengan fitur auto focus dan dilengkapi LED flash.

Speaker
Keluaran suaranya nyaman dan begitu crunchy di telinga. Pantas saja, speaker yang dibenamkan di dalamnya ada dua buah, letaknya ada di bagian kanan dan kiri, sehingga membuat keluaran suaranya stereo.

Interface
Tidak ada yang spesial dari tampilan interface A500, karena hampir semua tablet berOS Honeycomb memiliki tampilan yang sama.

Indepth
Yang membuatnya jadi spesial tentu saja berkat prosesor A9 Cortex bertenaga 1 GHz Dual Core, sementara kemampuan grafisnya ditunjang oleh Nvidia Tegra 250. RAM yang dimilikinya 1GB. Dalam posisi horizontal, segala sesuatunya berjalan begitu mulus dan lancar. Berbanding terbalik saat A500 dalam posisi vertikal dimana responnya mulai terganggu dan sempat terjadi lag – biasanya akan sembuh setelah ada update.

Special Widget
Apapun tabletnya, selama itu menggunakan OS yang sama – dalam hal ini Honeycomb, menunya tidak akan berubah. Biasanya, justru di bagian inilah masing-masing vendor coba unjuk kebolehan dengan menghadirkan fitur-fitur tambahan khas masing-masing. Acer misalnya, melengkapi A500 dengan aplikasi Acer Clock, Agenda, Digital Clock, MusicA, SocialJogger dan Weather.

Anda akan menemukan koleksi Google apps yang telah dibenamkan dalam Iconia Tab A500, seperti Google Latitude, Google Maps, Google Tak dan YouTube. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan preloaded apps. Salah satunya adalah Lumi Read, aplikasi untuk mendownload dan membaca e-book. Karena menggunakan Tegra, Anda bisa mendapatkan aplikasi Tegra Zone, dimana Anda bisa mendownload game yang sengaja dikembangkan untuk tablet dengan chipset grafis Nvidia Tegra.

Games
Acer sudah menyematkan A500 dengan game built in. Ada tiga game di dalamnya, Need for Speed Shift, Heroes of Sparta dan Lets Golf. Diantara ketiganya hanya Shift saja yang sudah bisa langsung dimainkan. Untuk Heroes of Sparta dan Lets Golf hanya tersedia icon yang berfungsi sebagai link shortcut untuk mengunduh gamenya sendiri.

Multimedia
Honeycomb memang menyertakan fitur Gallery app untuk melihat beragam koleksi foto dan video yang ada di dalam storage A500. Segalanya akan berbeda ketika Anda menggunakan aplikasi Photo Browser 3D dan nemoPlayer. Photo Browser 3D memungkinkan Anda untuk melihat foto seolah melihat dari album, Anda bisa membuka koleksi Anda lembar demi lembar. Sementara nemoPlayer adalah galeri foto dimana semua fotonya disusun berdasarkan bulan.

Mendengarkan lagu dengan A500 adalah satu hal yang mengasyikkan. Karena A500 sudah mendukung Dolby Mobile, ditambah lagi dengan dukungan speaker stereo. Kami juga mencobanya dengan memutar film. Jenis file MPEG-4 dengan resolusi 1280 x 720, hasilnya sangat menarik. Semua berjalan mulus tanpa lag.

Kesimpulan
Keberadaan port USB memang memudahkan segalanya. Satu hal yang membuat A500 jadi unggulan. Dari segi baterai, jika Anda menggunakannya tanpa henti dengan pemakaian wajar, baterai sanggup bertahan hingga 6 jam.



[+]

Ketersediaan port USB
Harga yang relative terjangkau
Daya tahan baterai
Stereo

[-]

Bezel terlalu lebar
Bulky
Tidak nyaman digenggam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar